Diberdayakan oleh Blogger.

Jangan Minum Teh Setelah Makan!

=====
Minum teh setelah makan merupakan kebiasaan yang dilakukan secara turun-temurun oleh kebanyakan orang Indonesia. Apabila kita perhatikan di setiap rumah makan, penyajian teh sebagai minuman pendamping makan merupakan hal yang umum ditemui.

Minum teh setelah makan merupakan topik yang kontroversial. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kebiasaan minum teh setelah makan mempunyai manfaat bagi kesehatan pencernaan. Namun, beberapa studi lain justru menunjukkan hal yang sebaliknya. Pasalnya, kandungan kafein di dalam teh ternyata bisa menghambat penyerapan beberapa zat gizi di dalam saluran pencernaan.


Memang benar, minum teh setelah makan bisa membantu menghilangkan rasa kembung, dengan beberapa manfaat lainnya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua jenis teh boleh diminum setelah makan.

Beberapa jenis teh, seperti teh hijau dan teh jahe merupakan jenis teh yang bisa dikonsumsi setelah makan. Teh ini sangat bermanfaat bagi saluran pencernaan karena di dalamnya terkandung berbagai macam jenis antioksidan yang berperan sebagai agen antiradang yang bermanfaat bagi saluran pencernaan.

Teh memang dikatakan dapat bermanfaat bagi saluran cerna karena mendorong produksi air liur, cairan empedu, dan cairan lambung untuk pencernaan yang lebih baik. Namun, beberapa studi lain menunjukkan bahwa komponen phenolic di dalam teh bisa menghambat penyerapan zat besi di dalam usus.

Oleh karena itu, bagi orang yang biasa mengonsumsi teh segera setelah makan, mereka harus banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan vitamin C. Kebiasaan meminum teh setelah makan kurang baik apabila orang tersebut menderita anemia akibat kekurangan zat besi, karena kandungan tanine di dalam teh bisa menghambat penyerapan zat besi di dalam usus.

Apabila Anda tetap bersikeras untuk minum teh setelah makan, maka Anda lebih baik memilih jenis teh hijau atau teh jahe. Akan tetapi, bagi orang-orang yang mempunyai penyakit anemia akibat kekurangan zat besi, sebaiknya kebiasaan minum teh setelah makan dihindari agar penyakit anemia yang dialami tidak semakin berat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]
sumber https://www.klikdokter.com/healthnewstopics/health-topics/jangan-minum-teh-setelah-makan
IKLAN
Tag : hariselasa
=====
Back To Top