Diberdayakan oleh Blogger.

Selalu Merasa Gaji Suami Tidak Cukup? Lakukan 6 Hal Ini Maka Semuanya BERES

=====

Masalah rezeki cukup dan tidak cukup adalah sesuatu yang bersifat relatif. Ada yang menganggap 5 juta sebulan sudah cukup memenuhi segala kebutuhan rumah tangga, ada yang 50 juta sebulan sekalipun tak cukup memenuhi kebutuhan keluarga.

Ketika gaji suami dirasa tak cukup untuk keperluan bulanan, berikut ini hal yang perlu dilakukan:

1. Evaluasi Lifestyle

Apakah perlu sekali menyekolahkan anak di SDIT yang mahal? Atau sekadar untuk jaga gengsi dan gaya-gayaan? Benarkah perlu ikut arisan hingga 10 tempat? Ataukah sebenarnya tidak perlu-perlu amat?

Haruskah perawatan wajah dan kosmetik keluar ratusan ribu sebulan? Atau bisa diakali? Perlu jalan-jalan ke mall tiap pekan? Atau cukup sekali sebulan saja?

Uang jajan 2 anak total lima puluh ribu sehari? Adakah yang bisa dilakukan untuk menekan angka tersebut? Evaluasi gaya hidup sangat penting agar kita bisa melakukan efisiensi anggaran.

2. Temukan Pos Pengeluaran yang Bisa Diakali

Biaya makan, tempat tinggal, transportasi, pulsa untuk kuota dan komunikasi, pendidikan, dan entertainment, semuanya bisa diakali. Biaya makan bisa dihemat dengan cara apa?

Banyak, misalnya mengganti menu makanan yang lebih sederhana, atau melakukan ibadah rutin puasa Senin-Kamis sekeluarga. Selain untuk membiasakan keluarga menghidupkan sunah Rasul, bisa juga untuk menyehatkan tubuh sekaligus berhemat.

Biaya transportasi juga bisa dihemat, misalnya dengan memiliki motor? Daripada ke mana-mana naik ojek misalnya, barangkali lebih murah mencicil motor. Coba cari pos pengeluaran yang bisa diakali lainnya!

3. Shalat Dhuha Rutin Sekeluarga

Ikhtiar langit juga perlu dilakukan, salah satu ibadah yang memang dikenal dapat menarik rezeki adalah shalat Dhuha. Coba jadikan shalat Dhuha sebagai amalan rutin yang dilakukan sekeluarga.

4. Sedekah

Usahakan minimal 10-30% penghasilan langsung disedekahkan. Utamakan untuk keluarga dan kerabat dekat terlebih dahulu. Sedekah merupakan magnet rezeki, semakin besar kita keluarkan untuk sedekah rutin, in syaa Allah semakin besar pula rezeki yang Allah limpahkan.

5. Berhenti Mengeluh dan Mulailah Bersyukur

Jika kita selalu berpikir kurang-kurang dan kurang, maka kita akan benar-benar selalu kekurangan. Karena kata-kata adalah doa. Maka perbaikilah kata-katamu! Selalulah berkata ‘cukup’ atau bahkan ‘berlebih’, in syaa Allah kata-kata (doa) tersebut akan mewujud nyata.

6. Mencari Pekerjaan Sampingan Atau Mulai Bisnis Dari Rumah

Cara selanjutnya adalah dengan menambah pemasukan, sebagai istri kita bisa kok membantu suami dengan berjualan online, mengajar privat anak-anak, buka catering, atau bekerja freelance sesuai minat dan skill yang dimiliki.

Semoga bermanfaat.

Sumber: ummi-online.com
IKLAN
Tag : HIKMAH TERBARU
=====
Back To Top