Diberdayakan oleh Blogger.

Subhanallah ! Kisah Mahasiswa Indonesia yang Luar Biasa Ini Ciptakan Masjid Berteknologi Modern

================
Mahasiswa Indonesia semakin menggeliat dalam tonjolkan bakatnya. Salah satunya sekelompok mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) yang telah merancang sebuah konsep masjid berteknologi modern. Teknologi yang diterapkan dalam masjid modern ini, dibuat agar shalat lebih khusyuk. Misalnya lampu LED pada shaf yang berfungsi untuk meluruskan dan merapatkan baris saat shalat.


Hal ini menurut Ketua projek masjid berteknologi modern, Herwin Firnanda, seperti yang dikutip dari Antara menganggap jika jumlah masjid di Indonesia cukup banyak, namun kebanyakan masjid yang ada masih jauh dari sentuhan teknologi modern.

Masjid ini dirancang dengan beberapa keunggulan. Lampu LED akan barada di bawah kaki para jamaah, ketika kaki berada diatas LED, maka sensor akan bekerja dan lampu LED mati, ini bisa menjadi indikator barisan shaf kurang rapat jika lampu LED masih menyala. Tak hanya itu saja, masjid ini pun dilengkapi dengan alat pelacak sinyal ponsel yang dapat mendeteksi jika ada jamaah yang masih mengaktifkan ponsel terutama saat menjalankan ibadah shalat.

Alat pelacak sinyal ini bisa menjadi solusi, saat jemaah yang masih sering menggunakan ponsel ketika shalat. Sistemnya, nanti ponsel yang berada di sekitar masjid tidak akan mendapatkan sinyal dengan baik, sehingga tidak ada panggilan ataupun pesan yang masuk. Termasuk jaringan internet pada ponsel juga akan terganggu. Alat ini mampu bekerja dengan radius sekitar 6 meter dari titik alat dipasang.

Selain itu, untuk menunjukkan arah kiblat, alat ini juga dilengkapi dengan lampu laser yang secara otomatis mengarah langsung ke arah kiblat. Tak cukup sampai di situ, masjid yang serba canggih ini juga dilengkapi dengan parkir berteknologi modern karena di pintu masuk dipasang sensor. Lampu LED itu dengan sendirinya akan menuntun mobil ke area parkiran hingga sampai menemukan slot kosong. Jika ada lebih dari satu slot yang kosong maka hanya lampu di satu slot saja yang menyala.

Jika masjid ini diterapkan diseluruh masjid di Indonesia, tentu akan menambah semangat umat islam melaksanakan shalat secara berjamaah.
sumber http://www.ceritaislamterkini.com/2016/06/inspirasi-kisah-mahasiswa-indonesia.html
IKLAN
Tag : ANJURAN
==================
Back To Top