Diberdayakan oleh Blogger.

Santri Putri Adalah Calon Istri Idaman, Inilah 10 Alasannya

================
Rasulullah SAW telah mengajarkan bahwa menikah itu adalah ibadah. Pernikahan merupakan sunah nabi yang sangat dianjurkan pelaksanaannya bagi umat islam. Rasulullah SAW melarang kaum muslimin membujang (tidak menikah) dalam hidupnya. Orang-orang yang sengaja tidak mau menikah atau benci dengan sunah menikah maka ia bukan umat Nabi Muhammad.

Rasulullah SAW bersabda: “Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang tidak suka, bukan golonganku ”[HR. Ibnu Majah, dari Aisyah r.a]


Banyak hikmah dan keistimewaan yang terkandung dalam pernikahan. Maka barang siapa yang mampu melaksanakannya dengan sempurna, maka ia dan pasangannya akan mendapat pahala yang besar.

Hakikat dari menikah itu bukan hanya untuk mencari kebahagiaan di dunia saja, melainkan juga untuk mendapatkan kebahagiaan di akhirat. Boleh saja bagi setiap laki-laki yang ingin menikah berharap untuk mendapatkan istri yang cantik, kaya, putih, pintar, dan lain sebagainya. Namun perlu diingat bahwa jika menginginkan pernikahan yang bisa menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat, maka yang terpenting adalah menikahi wanita karena agamanya (sholehah).

Dengan mengarahkan pilihan untuk mempersunting seorang santriwati sebagai calon istri, bisa menjadi jalan bagi kaum laki-laki untuk mencapai apa yang dinamakan kebahagian dunia dan akhirat. Hal ini karena santriwati memiliki beberapa kriteria sebagai calon istri idaman.

Ingin tahu?

Berikut alasan-alasan mengapa santriwati menjadi pilihan terdepan untuk dijadikan istri idaman.

1. Rajin Beribadah
Rasulullah SAW berpesan, “Nikahilah wanita yang kuat agamanya, niscaya kau beruntung” [HR Bukhari, Muslim, Abu Daud, An Nasai]

Berdasarkan hadits tersebut, bisa disimpulkan bahwa mencari calon istri yang alim dan sholehah itu adalah sebuah keharusan.

Seorang santriwati pastinya sudah mendapatkan bekal ilmu-ilmu agama di pesantrennya. Mereka sudah terbiasa melaksanakan ibadah-ibadah seperti yang telah di perintahkan oleh Allah SWT, seperti sholat 5 waktu, puasa, zakat dan ibadah-ibadah lainnya. Nah, tipe wanita yang seperti inilah yang sangat layak dijadikan istri idaman.

2. Pintar Mengaji
Mengapa santriwati pinter mengaji? Ya iyalah, setiap hari kerjaannya ngaji. Ngaji Al Qur’an,ngaji kitab kuning dan ngaji kitab-kitab lain. Mempunyai istri yang pinter mengaji dan paham ilmu agama pasti banyak kelebihan positifnya.

Terus bayangin saja, ketika setiap hari di isi dengan mengaji bersama, apa ndak so sweetitu? Jadi cari yang pinter mengaji ya.

3. Membawa Kebahagiaan
Rasulullah SAW bersabda: “Empat perkara termasuk dari kebahagiaan, yaitu wanita (istri) yang shalihah, tempat tinggal yang luas/ lapang, tetangga yang shalih, dan tunggangan (kendaraan) yang nyaman. Dan empat perkara yang merupakan kesengsaraan yaitu tetangga yang jelek, istri yang jelek (tidak shalihah), kendaraan yang tidak nyaman, dan tempat tinggal yang sempit”. [HR. Ibnu Hibban]

Nah, Rasulullah SAW sudah bepesan bahwa salah satu kebahagiaan adalah memiliki istri yang solehah. Istri yang solehah pastinya akan selalu taat kepada suami dan akan selalu berusaha untuk membahagiakan suami. Santriwati itu ya seperti ini nih..

4. Bisa Diajak Hidup Sederhana
Setiap santriwati pastinya sudah sangat terbiasa dengan hidup sederhana saat di pesantren. Mereka sudah tentu akan ikhlas menerima dan bersyukur atas apa yang dimiliki. Mereka juga siap untuk di ajak hidup susah dan berjuang bersama.

Namun para lelaki yang sejati tidak akan pernah memiliki pemikiran akan mengajak istrinya hidup susah, dia pasti akan berusaha untuk membuat kehidupan rumah tangganya berkecukupan tanpa ada kekurangan apapun.

Jika ingin mencari calon istri yang penuh kesederhanaan, maka santriwati adalah pilihan yang sangat tepat.

5. Terlatih Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga
Nyapu? Ngepel? Dan semua urusan rumah tangga pastinya santriwati bisa melakukannya. Para santriwati sudah sangat terbiasa melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga saat berada di pesantren.

Mereka mempraktekkan apa yang ada di dalam kitab “uqudul lujain”. Apalagi santriwati yang menjadi abdi dalem di rumah pengasuh atau kyai, keahlian dan kesabaran mereka pasti sudah teruji.

6. Jago Memasak
Kebanyakan santriwati pasti jago masak. Hal ini bukan tanpa alasan, mereka sudah terbiasa masak sendiri kalau mau makan. Ya, minimal bisalah ngeliwet nasi dan masak mie hehe.

Dengan mempunyai istri solehah dan jago masak pasti akan membuat kamu betah makan di rumah deh.

7. Mempunyai Sifat Keibuan
Salah satu hal yang penting adalah seorang istri harus mempunyai sifat keibuan. Pastinya  seorang santriwati itu lebih bersikap dewasa dan keibuan. Jadi sudah tidak perlu takut lagi mereka ndak bisa mengurus anak-anak kamu ya.

8. Bisa Mengajari Anak Tentang Ilmu Agama Sejak Kecil
Sebuah ungkapan “Ibu adalah madrasah pertama dan paling utama bagi anak” itu benar adanya. Jadi, jika kamu mempunyai seorang istri santriwati, maka itu adalah suatu keberuntungan dan anugerah yang sangat luar biasa, karena mereka bisa menjadi madrasah terbaik untuk anak-anak kamu kelak.

9. Pintar Mengatur Waktu
Kehidupan pesantren itu sangat padat, banyak sekali kegiatan mengaji yang dilakukan namun santriwati bisa mengatur waktu dengan baik, sehingga masih sempat untuk mengerjakan kegiatan yang lain.

Hal ini akan menjadi bekal yang sangat baik untuk kehidupan keluarga kamu, karena mereka akan bisa mengatur waktu keluarga dengan baik. Seorang santriwati sudah biasa hidup dengan banyak tugas, dan mereka pasti bisa menjadi ibu rumah tangga yang baik.

10. Pintar Mengatur Uang Belanja
Seorang santriwati sudah terbiasa hidup sederhana dan hemat, mereka juga sudah terbiasa mengatur setiap pemasukan dan pengeluaran dengan sangat detail.

Yang paling penting, mereka tidak akan menolak berapapun uang belanja yang diberikan oleh suami. Berapapun uang belanjanya, mereka pasti bisa mengaturnya sehingga urusan dapur akan tetap aman.

Demikian beberapa alasan mengapa seorang santriwati adalah pilihan terbaik dan sangat layak dijadikan istri idaman. Semoga kamu bisa bisa mendapatkan dan menikahi santriwati pujaan hatimu, Amin.

Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sumber: masirul.com/http://islamidia.com/santri-putri-adalah-calon-istri-idaman-inilah-10-alasannya/
IKLAN
Tag : PEMBERITAAN
==================
Back To Top